Selasa, 06 November 2012

Oh...Sahabat...!!

Hidup memang sangat cepat berlalu, semua yang terjadi merupakan hiasan warna-warni dunia yang sangat semu. Semua yang telah diimpikan yang seolah-olah indah ternyata tidak pernah sampai pada kenyataan. Jauh dari harapan dan jauh dari mimpi. Biar bagaimanapun itulah hidup, hidup di dunia bukan hidup yang sebenarnya.

Persahabatan adalah sebuah rasa yang terikat antara hati yang satu dengan hati yang lain. Persahabatan adalah rasa jiwa yang membuat sang pemilikya tergerak untuk selalu berinteraksi dengan pemilik jiwa yang lain. Persahabatan adalah kekuatan, persahabatan adalah kesabaran, persahabatan adalah kesedihan dan sekaligus kebahagiaan. Persahabatan tidak pernah terjadi tanpa ada yang mengatur dan menghendakinya, persahabatan tidak mencerminkan keberadaan waktu dan keberadaan fisik begitu juga keberadaan jarak, persahabatan tidak mengandalkan sebuah rasa yang sama melainkan persahabatan merupakan perasaan yang beranekaragam yang berkumpul menjadi sebuah satu kesatuan rasa sehingga menjadi sebuah keterpaduan lantunan yang harmoni.

Semua memang sudah direncanakan dengan sangat detail dan pasti, tidak ada yang bisa mengelak tentang takdir-takdirNya. Ternyata semuanya hanya sementara, tidak pernah lama, sahabat-sahabatku yang dulu pernah berjuang bersamaku akhirnya pergi meninggalkanku satu-persatu demi sebuah prinsip dan cita-cita masing-masing. Entah sampai kapan hal ini terjadi. Yang jelas selalu saja ada saat-saat awal dan ada saat-saat akhir dan itu pasti terjadi. Kini aku pun menyadari tentang hakekat sebuah hidup. Hidup memang tidak dibuat untuk persahabatan yang hakiki, hidup memang tidak dirancang untuk kebahagiaan yang hakiki, hidup memang tidak didesain untuk keidahaan yang hakiki. Hidup sejatinya penuh ketidak pastian, itulah hidup…

Pesan singakat dari salah seorang sahabat perjuangan pada 11-12-2006 :

"Ya 4JJ, jaga shbt Da’wahku, kuatkan pancang kakinya d JlnMu, kuatkan Jasadnya dg RahMatmu, kokohkan ruhnya dg kasihMu, tegarkan hatinya dg janjiMu bwt ia tersenyum hingga d SURGA. Amin"

Tidak ada komentar: